Tuesday, 30 June 2015

DEFINISI ORGANISASI



BAB I

Secara terminology atau istilah organisasi bisa diartikan sebagai berikut:
1.       Susunan yang teratur dan berdisiplin
2.       Persatuan sesuatu atau keadaan dipersatukan sehingga orang bisa bekerjasama
3.       Caranya bagian-bagian dari suatu keseluruhan disusun
4.       Kelompok manusia yang bersatu untuk melakukan pekerjaan tertentu
5.       Perpeduan secara sistematis daripada bagian-bagian yang saling ketergantungan atau keterkaitan untuk membantu suatu kesatuan yang bulat melalui kewenangan, koordinasi dan pengawasan dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditentukan
6.       Aktivitas-aktivitas menyusun dan membentuk hubungan sehingga terwujudlah kesatuan-kesatuan usaha dalam mencapai maksud dan tujuan
7.       Suatu system kerjasama yang dilaksanakan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang sama
8.       Berhimpunnya sejumlah orang untuk melakukan kerjasama dengan seorang sebagai pimpinan, lainnya sebagai anggota dan terikat oleh aturan tertentu untuk mencapai tujuan tertentu
9.       Setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerjasama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan mana terdapat orang/beberapa orang yang disebut atasan dan seorang/kelompok orang disebut bawahan
Ada tiga unsur yang terdapat dalam organiasi yaitu:
1.       Adanya manusia lebih dari satu
2.       Adanya kerjasama
3.       Adanya tujuan yang sama
dan suatu perkumpulan juga dapat disebut organisasi bila memenuhi unsure-unsur sebagai berikut:
1.       Pimpinan
2.       Anggota
3.       Peraturan yang mengikat
Berdasarkan definisi diatas organisasi menunjukkan beberapa segi pandangan yaitu;
1.       Organisasi sebagai wadah dimana kegiatan-kegiatan administrasi dijalankan
2.       Organisasi sebagai rangkaian hierarki antara orang-orang dalam suatu ikatan formal
STRUKTUR ORGANISASI DAN PIMPINAN
Suatu organisasi yang ideal dan besar tentunya mempunyai struktur/susunan organisasi, sedangkan struktur organisasi ada dua tingkat:
1.       Vertical : susunan pimpinan secara bertingkat dari atas ke bawah, tiap tingkatan pimpinan memimpin dan bertanggungjawab terhadap pelaksanaan seluruh kegiatan organisasi pada tingkat masing-masing, seperti;
a.       Pimpinan pusat
b.      Pimpinan wilayah
c.       Pimpinan cabang
d.      Pimpinan anak cabang (ancab)
e.      Pimpinan ranting
2.       Horizontal : susunan pimpinan yang bertugas membantu pimpinan dalam kesatuan kerja tertentu, seperti seksi-seksi/departemen/divisi, lajnah/majelis, badan otonom dan biro.

HUBUNGAN ANTARA ORGANISASI DAN MANAJEMEN
Organisasi sebagai wadah atau tempat daripada manajemen dan saling mempengaruhi. Kalau organisasi baik tetapi manajemen tidak baik maka akan berpengaruh sehingga organisasi tidak dapat bergerak sebagaimana mestinya. Demikian pula sebaliknya, kalau manajemen baik tetapi organisasinya tidak baik maka akan menimbulkan missmanajemen. Hubungan antara manajemen dan organisasi dapat dianalogikan sebagai hubungan antara badan jasmaniah dengan nyawa atau jiwa, kalau badan baik tetapi jiwa tidak sehat, maka badan atau jasmani dapat berpengaruh juga, demikian pula sebaliknya.
MANFAAT (FUNGSI) ORGANISASI
Manfaat organisasi antara lain:
1.       Menumbuhkan rasa kebersamaan
2.       Memperkuat tali persaudaraan
3.       Menyuburkan rasa tolong menolong
4.       Memperkaya informasi
5.       Meningkatkan kualitas pribadi
6.       Membangkitkan semangat juang
7.       Melatih keterampilan bermasyarakat
8.       Meningkatkan keleluasaan berfikir
9.       Melatih toleransi
10.   Membina kesatuan berfikir untuk menyamakan pemahaman mencapai tujuan
11.   Mengurangi sifat egoisme
ORGANISASI OTONOM
Organisasi otonom dibentuk untuk membina bidang-bidang tertentu guna mencapai tujuan organisasi. Organisasi otonom biasanya mempunayai cirri-ciri sebagai berikut;
1.       Dibentuk oleh organisasi induk dan disahkan dalam suatu sidang
2.       Otonominya terbatas dalam hal mengatur rumah tangga organisasinya sendiri untuk membina bidang-bidang tertentu seperti kepemudaan, kewanitaan dan lain-lain

BABII
ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN
Definisi administrasi
Adminstrasi disamakan dengan arti tata usaha yaitu berupa kegiatan mencata, mengumpulkan, dan menyimpan suatu kegiatan untuk membantu pimpinan dalam mengambil keputusan. Penjelasan tersebut diatas adalah sebuah definisi sempit dalam suatu administrasi atau tata usaha.  Definisi administrasi dalam arti luas adalah:
1.       Suatu proses yang pada umumnya terdapat pada semua usaha kelompok, Negara atau swasta, militer atau sipil, besar atau kecil dan sebagainya.
2.       Perencanaan, pengorganisasian, memberikan komando, koordinasi dan mengadakan pengawasan.
3.       Kegiatan suatu kelompok yang mengadakan kerjasama untuk menyelesaikan tujuan bersama.
4.       Bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan daripada usaha-usaha kelompok individu terhadap tercapainya tujuan bersama.
5.       Bekerja menurut tata tertib tata usaha
6.       Keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Unsur-unsur administrasi
                Tampak terjadi kontradeksi dalam pengertian administrasi tersebut, tetapi dari uraian tersebut dapat ditarik kesimpulan makna yang terkandung dalam administrasi yaitu:
1.       Adanya usaha atau aktivitas kelompok manusia yang terdiri dari dua orang atau lebih.
2.       Adanya organisasi atau wadah kerjasama.
3.       Adanya perencanaan, bimbingan, kepemimpinan, koordinasi, dan pengawasan.
4.       Adanya tujuan.
5.       Peralatan dan perlengkapan

Macam-macam adminstrasi
                Dari segi perkembangannya, administrasi dapat dibagi atas dua bagian besar, yaitu administrasi Negara dan niaga. Administrasi Negara ialah keseluruhan kegiatan yang dilakukan oleh seluruh aparatur pemerintah dari suatu Negara dalam usaha mencapaitujuan Negara.
                Administrasi niaga ialah keseluruhan keseluruhan kegiatan mulai dari produksi barang dan/atau jasa sampai tibanya barang atau jasa tersebut ditangan konsumen.

No comments:

Post a Comment